Selamat Datang

Senin, 23 April 2012

Kebijakan Pendidikan

KEBIJAKAN BERKAITAN
DENGAN PENDIDIKAN
PENGERTIAN PENDIDIKAN:
PENDIDIKAN MERUPAKAN KEGIATAN YANG BERHUBUNGAN
DENGAN KEMANUSIAAN.
KEGIATAN KEPENDIDIKAN PADA HAKIKATNYA ADALAH
UPAYA MEMAKSIMUMKAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
POTENSI INSANI PESERTA DIDIK.
EKSISTENSI MANUSIA
TIGA DIMENSI DARI EKSISTENSI MANUSIA:
23 Maret 2010
MT
MI MS
KETERANGAN:
􀁺 MI : Makhluk Individu
􀁺 MS : Makhluk Sosial
􀁺 MT : Makhluk Tuhan YME
POTENSI INSANI ADALAH KELEBIHAN, YANG BERUPA
KEKUATAN & KECERDASAN YANG DIANUGERAHKAN TUHAN
KEPADA MANUSIA, UNTUK DAPAT MENGEMBAN TUGAS
INSANI DI MUKA BUMI INI, YAKNII: MEMELIHARA,
MENGOLAH, DAN MENGELOLA ALAM SEMESTA, DENGAN
MENCIPTAKAN & MENGEMABNGKAN BUDAYA. POTENSI
INSANI ITU ANTARA LAIN:
1. KECERDASAN INTELEKTUAL,
2. KECERDASAN FISIKAL/KENESTIKA
3. KECERDASAN SPIRITUAL, INTRAPERSONAL,
INTRAPERSOAL, DAN SEBAGAINYA.
ESENSI MENDIDIK
MENDIDIK SEBAGAI SALAH SATU TUGAS PROFESIONAL
PENDIDIK ADALAH MENANAM & MENGEMBANGKAN NILAI
SERTA SIKAP PESERTA DIDIK SESUAI DENGAN:
23 Maret 2010
1. EKSISTENSI/KODRAT MANUSIA (universal), dan
2. NILAI-NILAI SOSIAL, BUDAYA LULUR YANG TUMBUH &
BERKEMBANG DALAM BERMASYRKAT, BERBANGSA,
BERNEGARA, DAN DALAM PERGAULAN GLOBAL.
SEJARAH MEMUAT NILAI-NILAI LUHUR , YANG PERLU
DIINTERNALISASIKAN KEPADA SISWA, ANTARA LAIN:
MENGHARGAI JASA PARA PAHLAWAN, MENCINTAI BANGSA
& NEGARA, SEMANGAT RELA BERKORBAN, DSB
TUGAS PROFESIONAL PENDIDIK
DALAM PROSES PEMBELAJARAN
1. MENGAJAR, sasarannya: KECERDASAN INTELEKTUAL;
2. MENDIDIK, sasarannya: KECERDASAN SPIRITUAL, DAN INTRAINTERPERSONAL;
3. MELATIH, sasarannya: KECERDASAN KENESTIKA;
4. MENILAI, untuk mengetahui : tingkat EFISIENSI & EFEKTI-VITAS
PROSES GUNA DAPAT MELAKUKAN PERBAIKAN
BERKELANJUTAN, dan tingkat KETERCAPAIAN HASIL
PEMBELAJARAN.
KOMPETENSI YANG HARUS DIMILIKI
PENDIDIK/GURU
MENURUT PP No. 19/2005 tentang SNP, GURU HARUS MEMILIKI
KUALIFIKASI AKADEMIK YANG DIPERSYARATKAN, DAN MEMILIKI
KOMPETENSI –KOMPETENSI SBB:
1. KOMPETENSI PEDAGOGIK;
2. KOMPETENSI KEPRIBADIAN;
3. KOMPETENSI PROFESIONAL; dan
4. KOMPETENSI SOSIAL
KOMPETENS PENDIDIK/GURU …
DARI PERSPEKTIF LAIN, KOMPETENSI YANG HARUS DIMILIKI
GURU JUGA DAPAT DIRINCI SBB:
1. MENGUASAI SUBSTANSI (Konsep & Skill)
2. MENGUASAI METODOLOGI (Konsep & Skill)
3. MENGUASAI EVALUASI (Konsep & Skill)
4. MEMILIKIINTEGRITAS KEPRIBADIAN YANG BAIK (Guru harus
Pantas Digugu dan Ditiru)
PROSES PEMBELAJARAN
PROSES PEMBELAJARAN MENURUT PERMEN NO. 41 TAHUN
2007 TENTANG STANDAR PROSES:
1. PERENCANAAN
2. PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN
3. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
4. PENGAWASAN PROSES PEMBELAJARAN
23 Maret 2010
BUTIR 1 s.d 3 DIALKUKAN OLEH GURU
BUTIR 4 DILAKUKAN OLEH PENGAWAS & KEPALA SEKOLAH
PERENCANAAN PROSES
PEMBELAJARAN …
PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN MELIPUTI
1. PENYUSUNAN SILABUS
2. PENYUSUNAN RPP, DENGAN MEMPERHATIKAN PRINSIPPRINSIP:Maret 2010
a. Perbedaan Individual;
b. Mendorong partisipasi aktif peserta didik;
c. Mengembangkan budaya membaca & menulis;
d. Memberikan umpan balik & tindah lanjut;
e. Keterkaitan dan keterpaduan;
f. Menerapkan teknologi informasi & komunikasi.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELIPUTI:
1. KEGIATAN PENDAHULUAN;
2. KEGIATAN INTI : Eksplorasi; Elaborasi; dan Konfirmasi;
3. KEGIATAN PENUTUP.
PRINSIP PENILAIAN
PRINSIP-PRINSIP DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN:3 Maret 2010
1. SAHIH;
2. OBJEKTIF;
3. ADIL;
4. TERPADU;
5. TERBUKA;
6. MENYELURUH & BERKESINAMBUNGAN;
7. SISTEMATIS;
8. BERACUAN KRITERIA;
9. AKUNTABEL.
TEKNIK PENILAIAN
TEKNIK PENILAIAN:aret 2010
1. TES (TERTULIS, LISAN, & PRAKTIK);
2. OBSERVASI;
3. PENUGASAN (PERORANGAN DAN/ATAU KELOMPOK); dan
4. BENTUK LAIN, SESUAI DENGAN KARAKTERISTIK KOMPETENSI
(Misalnya Kuesioner)
ASPEK YANG DINILAI
DALAM PELAJARAN SEJARAH
ASPEK YANG DINILAI DALAM PELAJARAN SEJARAH:
1. PENGETAHUAN (PERKEMBANGAN KECERDASAN INTE-LEKTUAL);
2. SIKAP (PERKEMBANGAN KECEDARASN SPIRITUAL, INTRAINTERPERSONAL);
3. KECAKAPAN/SKILLS (PERKEMBANGAN KECERDASAN
KENESTIKA).
PENGERTIAN NILAI, SIKAP
DAN PERILAKU
1. NILAI ADALAH UKURAN ATAU KRITERIA DARI PERBUATAN,
KEINDAHAN, ATAU KEBERHARGAAN DARI SESUATU YANG MENJADI
PEGANGAN BAGI SESEORANG.
2. NILAI ADALAH KEPERCAYAAN NORMATIF, APA YANG DISUKAI DAN
TIDAK DISUKAI.
3. NILAI TERDIRI DARI NILAI: AGAMA, ETIKA, MORAL, KEINDAHAN,
EKONOMI, KECERDASAN, POLITIK, DAN SEBAGAINYA;
4. NILAI SESORANG MEMBERI ARAH DALAM PEMBENTUKAN &
PENGEMBANGAN SIKAP;
5. SIKAP ADALAH KECENDERUNGAN DALAMAN (Inrenal Behavior) ,
PERASAAN SUKA ATAU TIDAK SUKA PADA DIRI SESEORANG;
6. PERILAKU ADALAH KEBIASAAN UNTUK BERTINDAK DENGAN CARA
ATAU POLA TERTENTU (External Behavior).


TIGA KOMPONEN SIKAP
1. KOMPONEN KOGNISI (keyakinan/belief)
2. KOMPONEN AFEKSI (perasaan suka & tidak suka)
3. KOMPONEN KONASI (kecenderungan untuk berbuat)
PENGERTIAN SIKAP … lanjutan
HAKIKAT DARI SIKAP ADALAH PERILAKU BATIN, NIAT, IKTIKAT,
YANG MELANDASI DAN MENGARAHKAN PERILAKU LAHIR, YANG
DISEBUT DENGAN AKHLAK /BUDI PEKERTI/MORAL.
23 Maret 2010
AKHLAK MULIA ADALAH PERILAKU (LAHIR BATIN) YANG SESUAI
DENGAN:
DENGAN KATA LAIN: AKHKLAH MULIA ADALAH BERBUAT &
BERPERILAKU BAIK DENGAN TULUS IKHLAS, BAGI ORANG
BERIMAN, SEMATA-MATA MENGHARAP RIDLO ALLAH SWT, TUHAN
YME, SESUAI DENGAN AGAMA YANG DIANUT DAN KEYAKINAN
MASING-MASING.
1. KODRAT dan MARTABAT MANUSIA; serta
2. NORMA ETIKA, MORAL, & HUKUM DALAM MASYARAKAT
PROSES PEMBENTUKAN SIKAP
MENURUT KLAUSMEIER:
􀁺 MENGAMATI DAN MENIRU (Learning through
modeling);
􀁺 MENERIMA INFORMASI VERBAL;
􀁺 MENERIMA PENGUATAN.
SIKAP & NILAI YANG PERLU DIKEMBANGKAN
DAN DINILAI DALAM PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN SEJARAH
1.. SIIKAP & NIILAII POSIITIIF TERHADAP GURU SENDIIRII;;
2.. SIIKAP & NIILAII POSIITIIF TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH;;
3.. SIIKAP & NIILAII POSIITIIF TERHADAP PEMBELAJARAN;; SEJARAH;;
4.. SIIKAP SESUAII NIILAII--NIILAII TERTENTU ((Spesiiffiic Vallues)),, YANG
MELEKAT PADA MIISII & KARAKTERIISTIIK MATA PELAJARAN SEJARAH
((Menghargaii jjasa pahllawan,, Rella berkorban,, dsb..));;
5.. SIIKAP SESUAII DENGAN NIILAII--NIILAII UMUM (Common Values ), YAKNII
SESUAII DENGAN NORMA--NORMA ETIIKA,, MORAL,, & HUKUM DALAM
MASYARAKAT..
BAGAIMANA GURU MENGEMBANGKAN
SIKAP DAN NILAI POSITIF SISWA
DI SEKOLAH?
GURU:
􀁺 MEMBERI TELADAN (learning through modeling)
􀁺 MEMBERI INFORMASI VERBAL (Memberi pengetahuan,
contoh lain, nasehat, dan pemahaman
berhubungan dengan nilai-nilai yang ingin diinternalisasikan
kepada siswa);
􀁺 MEMBERI GANJARAN (Positive & Negative
Reinforcement);
􀁺 MEMBIASAKAN PENGAMALAN (Pembiasaan)
􀁺 MENCIPTAKAN KONDISI KONDUSIF BAGI PENGAMALAN
(Pengkondisian)
TEKNIK PENILAIAN SIKAP
1. OBSERVASI/PENGAMATAN
2. LAPORAN PRIBADI
3. PERTANYAAN LANGSUNG
4. SKALA SIKAP
PENILAIAN SIKAP DENGAN PENGAMATAN
1. Menggunakan Daftar Cek atau Skala Rentang;
2. Buku CATATAN HARIAN SISWA
CATATAN:
Sebaiknya semua guru memiliki BUKU
CATATAN HARIAN SISWA.
PENILAIAN SIKAP DENGAN PENGAMATAN
Buku CATATAN HARIAN SISWA memuat informasi:
􀁺 Nama siswa;
􀁺 Tanggal peristiwa/kejadian;
􀁺 Deskripsi kejadian POSITIF dan NEGATIF yang
menonjol, yang perhatian untuk PEMBINAAN dan
PELAPORAN dalam RAPOT.
BENTUK SKALA SIKAP
YANG MUDAH DIIMPLEMENTASIKAN
1. SKALA DIFERENSIASI SIMANTIK
2. SKALA LIKERT
Catatan:
1. SKALA SIKAP sebaiknya tidak digunakan untuk
mengambil nilai rapot, tetapi untuk
memperoleh masukan bagi perbaikan proses
pembelajaran.
2. Bila dimasukkan untuk nilai Rapot, akan
diperoleh hasil yang bias.
HASIL PENILAIAN SIKAP
HASIL PENILAIAN SIKAP DAPAT BERUPA:aret 2010
1. DESKRIPSI TENTANG SIKAP;
2. PREDIKAT: BAIK, SEDANG, KURANG; atau
ANGKA apabila DIPANDANG PERLU
PEMANFAATAN HASIL PENILAIAN SIKAP
HASIL PENILAIAN SIKAP DAPAT DIGUNAKAN UNTUK
BEBERAPA KEPENTINGAN SBB. Maret 2010
1. Pembinaan Siswa
2. Perbaikan Proses Pembelajaran
3. Peningkatan Profesionalisme Guru
4. Pelaporan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar